Pages

Thursday, July 28, 2016

Cara Membuat Alis Karakter

Pembuatan alis pada karakter anime dan manga tidak begitu memerlukan bezier tool. Kali ini kita dapat menggunakan Artistic Media pada CorelDRAW. Ini karena alis biasanya hanya berbentuk garis.
1,. Buka lembar kerja baru di Coreldraw. Caranya klik menu File lalu pilih New (Ctrl + N). Kalau Anda sudah membuka lembar kerja baru sebelumnya, langsung saja ke point nomor dua.
1. cara membuat file baru di coreldraw
2. Klik Artistic Media yang merupakan sub tool dari Freehand tool. Atau tekan saja huruf I pada keyboard komputer Anda.
2. artistic media coreldraw
3. Pada Property bar, pilih Preset.
3. preset menu artistic media


4. Pilih Jenis Preset yang Anda inginkan. Ada beberapa pilihan preset seperti dari besar ke kecil, dari kecil ke besar, dari kecil lalu besar lalu kecil lagi, dan lain sebagainya. Sebaiknya kita pilih yang dari besar ke kecil.
4. jenis preset di coreldraw
5. Sebelum menggambar, atur dulu ukuran Preset yang kita perlukan. Untuk objek alis ini, kita set saja 3.0 mm dulu. Kita masih dapat memperbesar atau memperkecil ukuran ini nanti. Set ukuran preset ini di property bar.
5. atur ukuran preset di coreldraw
6. Setelah itu gambar bentuk alis yang Anda inginkan. Alis seharusnya mengikuti alur garis mata. Gambar sekenanya dulu saja, nanti kita rapikan dengan Shape tool.
6. alis di anime atau manga
7. Klik Shape tool, lalu bentuk objek alis yang tadi kita buat menjadi lebih rapi. Gunakan panah biru yang ada pada setiap node (titik) untuk membantu Anda dalam merapikan objek alis ini.
7. shaping alis di coreldraw
8. Salin objek tersebut agar menjadi dua buah objek. Lalu letakkan di sebelah kanannya. Objek tersebut belum tentu langsung tercopy. Jika ini terjadi, klik objek tersebut lalu klik lagi artistic media di toolbox, kemudian sama jenis preset dan ukurannya di property bar. Jika masih tidak terjadi apa-apa, besarkan ukurannya lalu kecilkan lagi.
8. copying artistic media coreldraw
9. Setelah tercopy, balik objek yang ada disebelah kiri secara horizontal. Caranya, klik objek tersebut, lalu klik Mirror Horizontally dari property bar.
9. melakukan mirror pada alis di coreldraw
10. Beri jarak sedikit lebih lebar pada alis. Anda dapat menambahkan komponen lain yang sebelumnya sudah kita pelajari.
Membuat alis pada karakter sebaiknya mengikuti ekspresi dari karakter itu sendiri. Silahkan sesuaikan alis yang Anda buat dengan ekspresi karakternya. Seperti di bawah ini, terdapat ekspresi sedih, marah, dan juga bingung.
11. 1 eksprese alis pada anime dan manga
11. Perhatikan juga umur karakter yang kita buat alisnya. Biasanya, karakter yang berumur tua memiliki warna yang memutih dan juga alis yang lebih tebal. Untuk ini Anda dapat menggunakan bezier tool.
11.2
12. Menyenangkan bukan dapat membuat karakter dengan CorelDRAW. Masih ada beberapa komponen yang harus kita pelajari. Silahkan Anda lanjutkan ke bab berikutnya jika Anda telah selesai dengan tutorial tentang alis ini.
12. cara membuat alis manga dengan coreldraw

No comments:

Post a Comment